Manfaat Minyak Zaitun Dalam Pengobatan Islam “Thibbunnabawi”

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Pengobatan Islam “Thibbunnabawi”

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Pengobatan Islam – Minyak Zaitun diyakini mempunyai khasiat yang banyak bagi kesehatan. Minyak yang dikenal dengan Olive Oil ini pun merupakan salah satu yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk pengobatan.

Qs. An-Nuur ayat 34-42 Ayat 34 : “Dan sungguh, Kami telah menurunkan kepada kamu ayat2 yang memberi penjelasan, dan contoh2 dari orang2 yang terdahulu sebelum kamu dan sebagai pelajaran bagi orang2 yang bertaqwa”

Ayat 35 : “Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahayaNya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca, (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yanh berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir2 menerangi, walaupun tidak di sentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahayaNya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan2 bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu”

Cahaya biasanya identik dengan panas, tapi di ayat ini Allah menjelaskan bahwa buah zaitun bisa memberikan cahaya yang luar biasa tanpa menggunakan panas. Sedangkan kita tahu, kita semua mempelajari saat di sekolah dasar, proses fotosintesis dibantu oleh cahaya matahari yang berasal dari energi panas, sedangkan buah zaitun dapat menghasilkan cahaya tanpa panas.

Buah ini juga konon diklaim memiliki berkah yang besar karena didoakan oleh 70 orang nabi. Bahkan Allah juga bersumpah atas nama buah ini. Berikut ini tiga manfaat zaitun menurut dunia kedokteran modern:

1. Mencegah penyakit kulit dan kanker

Dalam seminar internasional tentang Alquran dan sunah di Dubai pada 2004, pakar biologi Muhammad Fa’id mengatakan sesungguhnya pewarna yang disebut dalam Al-Quran adalah cairan berwarna merah. Cairan ini keluar dari buah zaitun bersama minyak saat diekstrak.

Cairan merah ini harus dibuang bersama air yang dipakai untuk mengolah buah tersebut. Para ahli meyakini bahwa cairan merah itu bersifat polutan dan harus dibuang.

Pewarna merah tersebut merupakan material yang bisa mewarnai. Padahal cairan merah tersebut mengandung zat antioksidan tannin polifenol yang penting bagi pencegahan kanker.

Mengonsumsi minyak zaitun satu sendok makan setiap hari mampu mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 45 persen, kanker rahim 25 persen, dan juga kanker perut dan usus besar.

Sebuah studi menyebutkan, dengan mengoleskan minyak zaitun pada anggota badan tertentu setelah berenang dan terkena sinar matahari, seseorang bisa terhindar dari kanker kulit.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Penduduk Pulau Crete (Yunani) dikenal sebagai masyarakat yang paling sedikit terkena penyakit jantung koroner di dunia. Ini salah satunya karena minyak zaitun paling banyak dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari oleh mereka.

Minyak zaitun secara medis terbukti secara medis mampu menurunkan kadar kolesterol yang berbahaya dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh dararah serta jantung koroner. Riset ilmiah menegaskan minyak zaitun berperan dalam mencegah penyakit tersebut.

Ini karena minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E serta polifenol yang mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Polifenol dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

3. Mengurangi tekanan darah tinggi

Dokter Aldo Ferrara dari Universitas Napoli, Italia telah meneliti 23 kasus orang terkena penyakit tekanan darah tinggi.

Mereka dibagi dua kelompok dan diberikan anjuran mengkonsumsi minyak zaitun untuk kelompok satu dan minyak biji bunga matahari di kelompok yang lain.

Setelah enam bulan, mereka yang mengonsumsi minyak zaitun mengalami penurunan tensi darah sebesar tujuh poin, tetapi kelompok lain tidak terjadi hal yang sama.

Meski kelompok pertama tetap konsumsi obat tetapi tidak terlalu bergantung, berbeda dengan kelompok yang mengkonsumsi minyak biji matahari mereka masih selalu mengkonsumsi obat penurun tensi darah.

Selain itu, di dalam riwayat lain dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah bersbda : Barangsiapa menggosok (badannya) dengan minyak zaitun, syaitan tidak akan mendekatinya. Jika sebelumnya dijelaskan bahwa minyak zaitun dapat mempercantik fisik (penampilan), pada hadits ini zaitun bisa mempercantik ruhiyyah, yaitu menjaga kita dari syetan, menghalangi syetan masuk ke dalam tubuh kita, hal ini lah yg sampai sekarang yang belum dapat dibuktikan secara ilmiah oleh ilmuan. Jika dilihat dari tingkatannya, maka bisa dikatakan hampir semua kebutuhan kita dapat dipenuhi oleh Zaitun.

Leave a Reply

Kembali
×