Yang Belum Tau, Ini Dia Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Yang Belum Tau, Ini Dia Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya – Minum jamu sudah menjadi kebiasaan yang turun menurun bagi masyarakat Indonesia. Salah satu tumbuhan yang sering diolah menjadi obat herbal adalah habbatussauda, yang punya nama latin Nigella sativa. Memang, apa sih manfaat habbatussauda untuk kesehatan?

Apa itu habbatussauda?

Sejatinya, habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat.

Di negara asalnya, jintan hitam sering digunakan sebagai bumbu penyedap dan pengawet alami untuk masakan India dan Timur Tengah. Jintan hitam memiliki rasa dan aroma khas pahit-pedas seperti kombinasi bawang merah, lada hitam, dan oregano.

Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan dan Efek Sampingnya

Pemanfaatan jintan hitam pada bidang farmasi diyakini hampir digunakan pada 20 jenis pengobatan.

Analgesik (penghilang rasa sakit)
Anti-Bakteri
Anti-inflamasi
Anti-Maag
Anti-kolinergik (mual, muntah, diare)
Anti-jamur
Ant-hipertensi
Antioksidan
Antispasmodic (kejang saluran cerna)
Antivirus
Bronkodilator (kesulitan bernafas)
Inhibitor glukoneogenesis (Anti-Diabetic)
Hepatoprotektif (Melindungi hati)
Hipotensi (darah rendah)
Insulin sensitisasi
Interferon inducer
Leukotrien Antagonis
Renoprotektif (Ginjal Melindungi)
Tumor Necrosis Factor Alpha Inhibitor

Manfaat Jintan Hitam Bagi Kesehatan

1. Ampu Untuk Mengobati Asma
2. Herbal Anti Alergi
3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
5. Menetralisir Racun
6. Anti Bakteri Pada Saluran Pencernaan
7. Meningkatkan Konsentrasi Otak
8. Sumber Nutrisi Sehat
9. Mengatasi Penyakit Diabetes
10. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
11. Melawan Kanker Usus Besar
12. Herbal Untuk Epilepsi

Efek Samping Jintan Hitam

Jintan hitam mungkin aman dikonsumsi dalam batas kewajaran, namun ia memiliki efek samping yang cukup besar jika dikonsumsi dalam dosis obat. Berikut adalah beberapa efek samping jintan hitam yang harus di pertimbangkan.

Kehamilan dan menyusui, Jintan hitam tampaknya aman di konsumsi dalam jumlah yang wajar. Tetapi jika anda mengkonsumsi untuk dosis obat yang lebih besar KEMUNGKINAN tidak aman. Jintan hitam dapat memperlambat atau menghentikan rahim dari kontraksi. Tidak banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji jintan hitam selama menyusui, namun untuk keamanan selama menyusui ada baiknya menghindarinya.

Anak-anak: minyak biji jintan hitam mungkin AMAN untuk anak-anak ketika diminum dengan mulut dalam jangka pendek dan dalam jumlah yang direkomentasikan.

Gangguan perdarahan, Black Seed bisa memperlambat pembekuan darah dan meningkatkan risiko perdarahan. Secara teori, black seed mungkin membuat gangguan perdarahan parah.

Diabetes, biji jintan hitam dapat menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan memonitor gula darah Anda, hati-hati jika Anda memiliki diabetes dan menggunakanblack seed.

Tekanan darah rendah, Herbal yang dapat menurunkan tekanan darah renda. Secara teori, mengkonsumsinya mungkin dapat membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah sehingga harus dimonitor jika anda mengkonsumsinya.

Bedah: Black Seed bisa memperlambat pembekuan darah, mengurangi gula darah, dan meningkatkan kantuk pada beberapa orang. Secara teori, black seed dapat meningkatkan risiko untuk perdarahan dan mengganggu kontrol gula darah dan anestesi selama dan setelah prosedur bedah. Berhenti menggunakan biji jintan hitam setidaknya dua minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Manfaat jintan hitam bagi kesehatan tubuh memang cukup banyak, namun anda harus juga mewaspadai efek samping yang dapat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan anda.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Kembali
×