Manfaat Habbatussauda Menurut Al-Quran dan Hadis

Manfaat Habbatussauda Menurut Al-Quran dan Hadis

Manfaat Habbatussauda Menurut Al-Quran dan Hadis – Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda;

” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim:

“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Nabi SAW mengabarkan bahwa Habbatus Sauda berkhasiat menyembuhkan setiap penyakit. Kata syifa’ (kesembuhan) dalam seluruh hadist disebut tanpa dima’rifahkan dengan alif dan lam. Semuanya dalam struktur positif, sehingga dengan demikian kata tersebut bersifat nakiroh (indefinite, tidak spesifik) yang biasanya bermakna umum. Selanjutnya, kita bisa mengatakan bahwa dalam Habbatus Sauda’ terdapat potensi penyembuhan terhadap setiap penyakit.

Ya, hadits-hadis tersebut adalah merupakan hadits shohih yang dipercaya (hampir) seluruh umat Islam, dan bahkan sekarang sudah banyak kalangan peneliti luar negeri yang notabene adalah nonIslam yang meneliti tentang hadits ini dengan meneliti khasiat jintan hitam. Nah, ternyata hasilnya memang tidak mengecewakan, dalam arti apa yang disabdakan oleh Nabi tercinta kita yaitu Nabi Muhammad S.A.W. adalah benar adanya.

Apakah Habbatus Sauda’ (Jinten Hitam) ?

Habatussauda merupakan tanaman semak belukar yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab.

Nama ilmiahnya adalah Nigella sativa. Berbatang pendek, tingginya 50 cm. Tanaman ini masih satu famili dengan Adas (Foeniculum capillaceum) dan Anise (Pimpinella anisum), sehingga terkadang dikira salah satu jenis tumbuhan adas. Buahnya berbentuk mirip kapsul, yang di dalamnya terdapat benih berwarna putih dengan bentuk segi empat. Warnanya cepat sekali berubah menjadi hitam jika terkena udara.

Belakangan ini tidak kurang dari 150 penelitian yang dimuat di berbagai jurnal ilmiah semakin memperkuat bukti tentang berbagai khasiat yang pernah disebutkan oleh orang-orang terdahulu tentang tumbuhan ini. Penelitian ini kebanyakkan berasal dari Eropa, khususnya Austria dan Jerman yang berada di barisan terdepan dari negara-negara yang mempromosikan dihidupkannya kembali pengobatan herbal sebagai pengobatan alternatif.

Apa saja manfaatnya ?

Dikatakan bahwa habbatussauda menyembuhkan segala penyakit, disini kita akan membahas beberapa diantaranya.

1.Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Habbatus sauda atau yang lebih kita kenal dengan ekstrak jintan hitam ternyata dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan dapat juga dijadikan sebagai bioreguler, hal ini dikemukakan oleh Prof. G. Reimuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich. Hal ini dikarenakan oleh jintan hitam yang dapat menghasilkan sel-sel T yang baik untuk menghasilkan imunitas yang kuat bagi tubuh kita. Dan juga Jintan hitam dapat dijadikan obat bagi serangan kanker dan AIDS.

2.Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Menurut penelitian, habbatus sauda mengandung asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3) yang sangat baik untuk kecerdasan otak kita. Selain membantu mencerdaskan otak, habbatus sauda juga memperbaiki system peredaran ke otak sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dan juga bagi kaum lansia.

3.Meningkatkan Bioaktivitas Hormone

Habbatus sauda yang mengadung sterol sangat berperan aktif dalam peningkatan bioaktivitas hormone tersebut.

4.Mengatasi Gangguan Tidur Dan Stress

Habbatus sauda mengandung Saponin memiliki manfaat seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi metabolism karbohidrat, protein, lemak dan juga fungsi jantung, ginjal, otot tubuh serta syaraf. Sehingga, saponin dapat membuat kita untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan yang sering terjadi, gangguan tidur dan juga menghilangkan stress.

5.Menetralkan Racun Dalam Tubuh

Saponin yang terdapat dalam habbatus sauda ternyata dapat membersihkan dan menetralisir racun yang terdapat dalam tubuh kita.

6.Memperbaiki Saluran Pencernaan Dan Sebagai Anti Bakteri

Di tahun 1992, jurnal Farmasi Pakistan memuat isi bahwa habbatus sauda yang mengandung minyak volatile lebih mampu untuk membunuh bakteri strainbakteri V Colera dan E Coli dibandingkan dengan antibiotic-antibiotik yang ada seperti Ampicillin dan Tetraciclin.

7.Melancarkan Air Susu Ibu

Bagi para ibu yang memiliki masalah dengan ASI atau susahnya keluarnya ASI dapat mengonsumsi jintan hitam ini, karena kandungan asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatus sauda ternyata dapat melancarkan Air Susu Ibu. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan di Universitas Potchestroom tahun 1989.

8.Tambahan Nutrisi Pada Ibu Hamil Dan Balita

Pada masa pertumbuhan, anak sangat membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mempertebal system imun mereka. Hal ini dilakukan agar anak tidak mudah terserang sakit, apalagi disaat cuaca dingin.

Kandungan omega 3, 6, dan 9 yang merupakan nutrisi untuk membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin terdapat juga dalam minyak jintan hitam ini. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak.

9.Anti Tumor

Dalam kongres kanker internasional di New Delhi, seorang ilmuwan dari laboratorium Kanker dan Imunologi, California Selatan memperkenalkan minyak habbatus sauda dan mengatakan bahwa habbatus sauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Senyawa yang terdapat dalam minyak ini juga dapat menghancurkan sel-sel tumor dan juga dapat meningkatkan antibody.

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa dierima dan bermanfaat bagi kita semua. Semoga allah selalu melimbahkan banyak riskinya kepada kita dalam bentuk kesehatan, keharmonisan ataupun dalam bentuk kebutuhan kita sehari-hari.

Leave a Reply

Kembali
×