Daftar Perlengkapan Haji yang Tak Boleh Lupa Kamu Bawa

Daftar Perlengkapan Haji yang Tak Boleh Lupa Kamu Bawa

Daftar Perlengkapan Haji yang Tak Boleh Lupa Kamu Bawa – Bagi umat muslim, menunaikan ibadah haji sama juga dengan menyempurnakan rukun Islam. Ibadah ini diwajibkan bagi mereka yang mampu, baik dari segi finansial, fisik, dan rohani. Bukan hanya itu, calon jemaah juga harus menyiapkan perlengkapan haji yang harus dibawa selama melakukan ibadah di Tanah Suci. Apalagi, kebanyakan calon jemaah adalah warga yang telah berusia lanjut. Karenanya, persiapan matang dan perlengkapan lengkap harus disiapkan dan betul-betul dicek demi kelancaran dan kenyamanan beribadah.

Persiapan Mental

Persiapan mental merupakan poin terpenting yang harus diperhatikan para calon jemaah haji, sebab haji merupakan jenis ibadah yang paling tinggi level ujian mentalnya. Mental kita teruji tidak hanya ketika sudah berada di Tanah Suci, tapi juga ketika masih di Tanah Air, seperti ketika menunggu antre (masa tunggu) haji yang memakan waktu bertahun-tahun, dan sebagainya. Ada baiknya, alihkan pikiran dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Perbanyak juga salat sunah dan ikir serta berdoa agar senantiasa diberi kesabaran.

Haji merupakan jenis ibadah yang paling tinggi level ujian mentalnya. Mental kita teruji tidak hanya ketika sudah berada di Tanah Suci, tapi juga ketika masih di Tanah Air, seperti ketika menunggu antre (masa tunggu) haji yang memakan waktu bertahun-tahun, dan sebagainya.

Persiapan Fisik

Poin kedua yang tidak boleh dilupakan adalah menjaga fisik atau kesehatan agar tetap dalam kondisi fit. Perlu diingat, cuaca di sana sangat berbeda dengan cuaca di Indonesia. Selain suhunya lebih panas beberapa derajat celcius dan bentang alamnya bergurun-gurun, hampir semua aktivitas ibadah haji kita juga dilakukan di luar ruangan, yang artinya kita harus siap fisik agar semuanya berjalan dengan lancar. Karenanya, jauh sebelum keberangkatan, biasakanlah berolahraga yang ringan tapi rutin, seperti jogging, peregangan, jalan kaki, agar fisik tidak “kaget” ketika di sana.

Persiapan Sebelum keberangkatan

Sebelum keberangkatan, calon jemaah haji lazimnya akan dibekali beragam pengetahuan yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji. Dalam manasik haji ini, kita akan dibekali pengetahuan tentang tata cara dan kegiatan ibadah haji mulai dari yang rukun, wajib, sunah, sampai larangan-larangan selama pelaksanaan haji, dengan panduan panitia haji. Selain itu, kita juga akan belajar mengerjakan tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi-prosesi haji lainnya melalui praktik langsung yang latarnya dikondisikan sesuai dengan keadaan di Tanah Suci.

Perlengkapan Haji

Nah, kalau persiapan mental, fisik, dokumen, dan lain-lain sudah oke, hal lain yang tak kalah penting disiapkan adalah perlengkapan yang diperlukan selama ibadah haji berlangsung. Apa saja ya kira-kira?

Perlengkapan haji untuk laki-laki:

Kain ihram 1 atau 2 stel.
Ikat pinggang.
Keperluan mandi.
2 buah kain sarung

Bagi wanita, perlengkapan yang harus dibawa antara lain:

Mukena
Tunik putih atau rok putih untuk ihram 2 buah
Baju sehari-hari secukupnya
Kerudung atau mukena pendek untuk sehari- hari 2 buah
Kaus kaki sekitar 5-6 pasang

Selain barang-barang di atas, masih ada juga perintilan-perintilan kecil tapi penting dan tidak boleh dilewatkan, seperti:

Mantel hangat
Selimut
Sandal jepit
Sepatu selop
Obat-obatan
Kantung kresek
Gunting kecil untuk tahallul
Payung
Senter
Uang kecil untuk membayar dam, kurban, dan lain-lain

Itulah daftar perlengkapan haji yang mungkin anda butuhkan selama anda melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Periksa kelengkapannya dengan membuat checklist barang yang harus dibawa saat sebelum berangkat. Jangan lupa saat hendak kembali ke tanah air, periksa lagi barang bawaan serta mungkin oleh-oleh untuk dibawa pulang ke tanah air. Perlu diingat bahwa total barang bawaan tidak boleh melebihi 15 kg sesuai prosedur dari embarkasi haji. Oleh karena itu periksa kembali bawaan anda apakah melebihi muatan atau tidak. Semoga calon jamaah haji di sana dapat melakukan ibadah dengan baik dan menjadi haji yang mabrur.

Leave a Reply

Kembali
×